Penerapan Metode Topsis Untuk Penentuan Juara Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Menengah

Mara Upu(1*),Sushermanto Sushermanto(2),Bahar Bahar(3)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i2.139

Abstract

Abstrak

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tabalong merupakan kantor yang diberi mandat untuk melakukan tugas membina dalam bidang perpustakaan terkhusus di wilayah kabupaten Tabalong. Salah satu upaya untuk menarik minat dan kegemaran membaca pada satuan pendidikan adalah dengan menyelenggarakan lomba bercerita.

Permasalahan yang muncul adalah ketidaksesuaian dari prioritas perangkingan dalam penentuan juara lomba bercerita, dimana pada beberapa kasus peserta yang seharusnya lebih di prioritaskan tidak mendapat prioritas sebagaimana semestinya dan sebaliknya peserta yang semestinya tidak diprioritaskan menjadi lebih di prioritaskan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakanlah metode Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk mendapatkan prioritas perangkingan dengan akurasi yang lebih baik berdasarkan kriteria penilaian yang digunakan.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan dengan menggunakan program aplikasi yang telah dibuat, didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan metode TOPSIS akurasi prioritas perangkingan penentuan juara lomba bercerita mencapai 82,67%.

Kata kunci : lomba bercerita, sistem pendukung keputusan, Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution, SPK, TOPSIS.

References


Supriatna A., Bahasa Indonesia . Jakarta: Grafindo Media Pratama, 2007.

Hidayat M.A., Sistem Pendukung Keputusan Pemenang Lomba Cosplay Menggunakan Metode Weighted Product, JUTISI Vol. 4 No.1, ISSN : 2089-3787, April 2015, 709-714.2015.

Kurniasih D.L., Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Dengan Metode TOPSIS.Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, Vol. III No. 2, ISSN : 2301-9425, April 2013, 7-13. 2013.

Tanius S., Sistem Pendukung Keputusan Untuk Rekrutmen Tenaga Pengajar Baru Di Libra Education Institute Dengan Metode TOPSIS. Medan: Universitas Sumatera Utara. 2010.

Lestari S., Impelementasi Metode Fuzzy Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) Untuk Seleksi Karyawan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. 2011.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.