Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Tingkat Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode EUCS

Indriana Atoranna Sere(1*),Emy L. Tatuhey(2),Elvis Pawan(3)
(1) 
(2) Universitas Sepuluh Nopember Papua
(3) Universitas Sepuluh Nopember Papua
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v12i3.1387

Abstract

This research aims to analyze the level of user satisfaction with the Student Satisfaction Level System (Tikam) using the EUCS (End User Computing Satisfaction) method. The Tikam system is an information technology-based platform used by students to access academic information, manage lecture schedules, and interact with campus facilities. The EUCS method is used as a framework in this research because it focuses on end user satisfaction with the system they use. This method combines various aspects that influence user satisfaction, including ease of use, system performance, information quality, and technical support. This research was conducted using a survey distributed to a number of students who actively use the Tikam System. The results of the analysis show that the majority of students are satisfied with the use of the Tikam System. System performance is also rated as good by most users. However, some aspects still need to be improved to increase overall user satisfaction. Apart from that, this research also contributes to further understanding of the EUCS method in analyzing user satisfaction with information systems in higher education environments.

Keywords: Student Satisfaction Level System; End User Computing Satisfaction; Survey

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap Sistem Tingkat Kepuasan Mahasiswa (Tikam) menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Sistem Tikam adalah suatu platform berbasis teknologi informasi yang digunakan oleh mahasiswa untuk mengakses informasi akademik, mengelola jadwal perkuliahan, dan berinteraksi dengan fasilitas kampus. Metode EUCS digunakan sebagai kerangka kerja dalam penelitian ini karena memfokuskan pada kepuasan pengguna akhir terhadap sistem yang mereka gunakan. Metode ini menggabungkan berbagai aspek yang berpengaruh pada kepuasan pengguna, termasuk kemudahan penggunaan, kinerja sistem, kualitas informasi, dan dukungan teknis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan survei yang dibagikan kepada sejumlah mahasiswa yang aktif menggunakan Sistem Tikam. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa merasa puas dengan penggunaan Sistem Tikam. Kinerja sistem juga dinilai baik oleh sebagian besar pengguna. Namun, beberapa aspek masih perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pengguna secara keseluruhan. Selain itu, penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap pemahaman lebih lanjut tentang metode EUCS dalam menganalisis kepuasan pengguna terhadap sistem informasi di lingkungan perguruan tinggi.

Keywords


Sistem Tingkat Kepuasan Mahasiswa; End User Computing Satisfaction; Survei

References


Y. Asni and D. Irfan, “Analisis Kepuasan Pengguna Dalam Pemanfaatan E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smk N 2 Pariaman,” Jav. J. Vokasi Inform., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2022, doi: 10.24036/javit.v2i1.75.

T. Harmini, F. R. Pradana, N. Fikri, and A. L. Hazmi, “Sistem Fingerprint Scanner Masjid Dengan Metode Structural Equation Modeling ( Sem ) Analysis of Student Satisfaction on Quality of Master Fingerprint Scanner System With Structural Equation Modeling ( Sem ),” vol. 2, no. 1, pp. 23–34, 2020.

N. Amalia and W. Hapsoro, “Analisa Pengaruh Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akademik dengan Metode EUCS ( End User Computing Statisfaction ),” IC-Tech, vol. XVI, no. 1, pp. 16–21, 2021.

N. Cahyono, J. Nashar, and U. Jaya, “Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi Classroom Pada Pembelajaran di Masa Pandemic Covid-19 menggunakan Metode Pieces,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 3, p. 305, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i3.1542.

N. R. Setyoningrum, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 17–21, 2020, doi: 10.30871/jaic.v4i1.1645.

M. Rahmawita, Y. Kartika, and Megawati, “Analisis Kualitas Layanan Portal Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode E-Servqual Pada Fkip Universitas Riau,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 67–72, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/5017

T. W. Andika, I. Irsyadunas, and A. Y. Pernanda, “ANALISIS EUCS TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI E-VOTING BEM UNIVERSITAS PGRI SUMATERA BARAT,” PeTeKa, vol. 6, no. 1, pp. 34–38, Jan. 2023, doi: 10.31604/ptk.v6i1.34-38.

N. Puspitasari, W. Tampubolon, and M. Taruk, “Analisis Metode EUCS Dan HOT-FIT Dalam Mengevaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG),” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 19–28, 2021, doi: 10.24176/sitech.v4i1.6031.

Ketut Suprapta, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Pemilihan Konsentrasi Dengan Menggunakan Metode EUCS,” J. Sist. dan Inform., vol. 13, no. 1, pp. 5–11, 2018.

A. Fitriansyah and I. Harris, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Query J. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/1552

D. Gunawan, M. Suyanto, and H. Henderi, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Aplikasi Secure System Of Payment (SSP) Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Respati, vol. 15, no. 1, pp. 50–58, Mar. 2020, doi: 10.35842/JTIR.V15I1.331.G295.

A. Y. Kungkung, E. Pratiwi, C. M. Karyati, M. S. Informasi, and U. Gunadarma, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Menggunakan Fuzzy Servqual,” J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 12, no. 1, pp. 1–12, 2023.

M. Eucs and D. A. N. Ipa, “Analisis kepuasan pengguna aplikasi bibit reksadana menggunakan metode eucs dan ipa,” J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 1–14, 2021.

M. Pangri, Sunardi, and R. Umar, “Analisis Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction ( Eucs ),” Semin. Nas. Teknol. Fak. Tek. Univ. Krisnadwipayana, no. 17, pp. 514–519, 2019, [Online]. Available: https://journal.teknikunkris.ac.id/index.php/semnastek/article/download/548/486

M. Rahmawita, Riswandi, I. Maita, Zarnelly, and E. Saputra, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Dengan Metode EUCS Dalam Penggunaan SIASY Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 8, no. 2, pp. 201–209, 2022.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: File PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.