Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL Dengan Domain Service Operation
Abstract
Currently, information technology is something that almost exists in every sector of social life, especially in the business sector. The business sector is a sector that is heavily pressured to always use and take advantage of current technological advances. Everyday life is made easier by technology, the use of technology is also making it easier for the business world, this can be seen by the many tools or frameworks that support every business sector. Information technology management is the most important part of the sustainability of information technology in every company. In the current research, the authors focus on information technology analysis using one of the domains, namely Service Operation, which has 3 analysis processes, namely Event Management, Incident Management, and Problem Management. Where from the 3 processes of this analysis the author will recommend or as a basis for the company to make policies on the use of information technology. To evaluate this information technology service using a questionnaire method adapted to the ITIL V3 domain service operation framework which consists of the 3 processes mentioned above.
Keywords: ITIL; Service Operation; Information Technology; Business
Abstrak
Saat ini teknologi informasi menjadi sesuatu yang hampir ada pada setiap sektor kehidupan bermasyarakat, terlebih pada sektor bisnis. Sektor bisnis merupakan sektor yang sangat ditekan untuk selalu menggunakan dan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Kehidupan sehari-hari dipermudah oleh teknologi, penggunaan teknologi juga semakin mempermudah dunia bisnis, ini bisa dilihat dengan banyaknya tools atau framework yang mendukung setiap sektor bisnis. Manajemen teknologi informasi menjadi bagian yang paling penting dalam keberlangsungan teknologi informasi yang ada pada setiap perusahaan. Pada penelitian saat ini penulis memfokuskan analisis teknologi informasi menggunakan salah satu domain yakni Service Operation yang memiliki 3 proses analisis yaitu Event Management, Incident Management, dan Problem Management. Dimana dari 3 proses analisis ini penulis akan merekomendasikan atau sebagai dasar perusahaan untuk pengambilan kebijakan penggunaan teknologi informasi. Untuk melakukan evaluasi layanan teknologi informasi ini dengan menggunakan metode kuesioner yang disesuaikan dengan framework ITIL V3 domain Service Operation yang terdiri dari 3 proses tadi.
Keywords
References
Giska Adilah, ‘Informasi Penting Seputar Revolusi Industri 4.0 dan Revolusi Society 5.0 untuk Kamu!’, smarteye.id, Sep. 21, 2020. https://www.smarteye.id/blog/revolusi-industri-4-0-manufaktur/ (accessed Jul. 11, 2023).
Kemenperin, ‘Revolusi Industri 4.0 Optimalkan Potensi Indonesia di Sektor Manufaktur’, kemenperin.go.id, Jul. 03, 2022. https://kemenperin.go.id/artikel/23388/Kemenperin:-Revolusi-Industri-4.0-Optimalkan-Potensi--Indonesia-di-Sektor-Manufaktur (accessed Jul. 11, 2023).
W. Van Grembergen and S. De Haes, Introduction to the Minitrack on IT Governance and its Mechanisms, vol. 51. 2018. [Online]. Available: http://hdl.handle.net/10125/50500
PT Ohgishi Indonesia, ‘PT. Ohgishi Indonesia’, https://www.ohgishi-indonesia.com/, Feb. 2018. https://www.ohgishi-indonesia.com/id/ (accessed Jul. 11, 2023).
M. Syahid Irawan, R. Rohmat Saeduddin, and R. Fauzi, ‘Penerapan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Pada Perusahaan Manufaktur Menggunakan Itil Versi 3 Domain Service Strategy Studi Kasus: Pt Albasia Nusa Karya Implementation Of Information Technology Service Management In Manufacturing Companies Using Itil Version 3 Domain Service Strategy Case Study: Pt Albasia Nusa Karya’, (e-Proceeding of Engineering), vol. 5, no. 23, pp. 7229–7235, 2018.
D. Made Novita, M. Sukarsa, I. Ketut, and A. Purnawan, ‘Mengetahui Tingkat Kematangan Aplikasi pada Start up IT Menggunakan Metode CMMI dan TMMi’, (Merpati), vol. 7, no. 1, 2019, [Online]. Available: https://doi.org/10.24843/JIM.2019.v07.i01.p01
M. K. Anam, N. Lizarti, and A. N. Ulfah, ‘Analisa Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik STMIK Amik Riau Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation’, Fountain of Informatics Journal, vol. 4, no. 1, pp. 8–12, May 2019, doi: 10.21111/fij.v4i1.2810.
C. I. Safitri, D. Supriyadi, and S. Astiti, ‘Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework (ITIL) V3’, Jurnal JUPITER, vol. 13, no. 1, pp. 134–144, 2021.
S. Hanief and W. Jefriana, ‘Framework Itil V3 Domain Service Operation Dalam Analisis Pengelolaan Teknologi Blended Learning’, (Jutik), vol. 04, no. 01, pp. 59–65, 2018.
M. R. Y. Saputra, W. W. Winarno, and H. Henderi, ‘Evaluasi Tingkat Kematangan Spbe Di Disperindag Kabupaten BanjaR’, Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), vol. 3, no. 1, pp. 7–13, Jul. 2020, doi: 10.21927/ijubi.v3i1.1188.
T. Dirgahayu and H. P. Prihantoro, ‘Software Quality Assurance pada Perusahaan Pengembang Perangkat Lunak Skala Kecil dan Menengah’, (JARTIKA) |, vol. 3, no. 2, pp. 283–294, 2020, [Online]. Available: https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika
Anton Wibisono, ‘Memahami Metode Penelitian Kualitatif’, Artikel DJKN, Mar. 06, 2019. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html (accessed Jul. 11, 2023).
Alicia Raeburn, ‘Analisis SWOT: Arti dan cara menggunakannya (beserta contoh)’, ASANA, Nov. 28, 2022. https://asana.com/id/resources/swot-analysis (accessed Jul. 11, 2023).
Sarah K. White, ‘Apa itu CMMI? Sebuah model untuk mengoptimalkan proses pembangunan’, CIO, Jun. 01, 2021. https://www.cio.com/article/274530/process-improvement-capability-maturity-model-integration-cmmi-definition-and-solutions.html (accessed Jul. 11, 2023).
K. chcomley, ‘Latar Belakang untuk Integrasi Model Kematangan Kemampuan (CMMI)’, Learn Microsoft, May 30, 2023. https://learn.microsoft.com/id-id/azure/devops/boards/work-items/guidance/cmmi/guidance-background-to-cmmi?view=azure-devops (accessed Jul. 11, 2023).
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.