Penerapan Sistem Biometrik pada Nasabah Pengguna ATM (Studi kasus IKPIA Perbanas Jakarta)

Pratiwi Pratiwi(1*)
(1) IKPIA Perbanas Jakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i2.131

Abstract

Abstrak

Aktifitas sehari-hari dalam bidang keuangan khususnya transaksi perbankan tidak akan lepas dari penggunaan ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Pada ATM terjadi transaksi penarikan uang, transfer, pembayaran tagihan (seperti kartu kredit, telpon dan listrik) bahkan pembelian voucher pulsa. Untuk dapat melakukan transaksi ini maka ATM dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number) sebagai autentifikasi identitias pemilik kartu ATM. Namun dengan adanya kasus penyalahgunaan kartu ATM karena penggunaan PIN yang tidak semestinya maka autentifikasi dengan biometrik menjadi suatu pilihan. Biometrik adalah identifikasi seseorang dengan menggunakan karakteristik pada manusia seperti sidik jari, iris, atau wajah. Tulisan ini dibuat untuk ingin mengetahui bagaimana penerimaan sistem Biometrik untuk meningkatkan keamanan transaksi perbankan di ATM. Berdasarkan survey dengan pendekatan analisis deskriptif data 59 responden yang mewakili civitas akademi IKPIA Perbanas Jakarta diperoleh hasil adanya kemudahan dalam menggunakan sistem biometrik (Percieved Ease of Use) dan yakin akan keamanan sistem biometrik (Perception of Biometric Security) untuk keperluan transaksi menggunakan ATM. Hal ini mempengaruhi sikap pengguna (Attitute Toward Using) dan akan ada minat (Intention to Use) pada responden untuk menggunakannya dalam transaksi di ATM

Kata kunci: ATM (Anjungan Tunai Mandiri), Biometrik, Identifikasi

References


Fathoni, Z., Penggunaan Autentifikasi Sidik Jari untuk Pengamanan Transakasi ATM Automated Teller Machine. 2010.

Ljudevit, P., Wesley, R., & David, W., Acceptance and Percieved Effectivenes or Biometrics and Other Airport Security Procedure. 2006.

Sheng, M., Wang, L., & Yu, Y., An Empirical Model of Individual Mobile Banking Acceptance in China, International Conference on Computational and Information Sciences. 2011.

Tarigan, J., Biometric Security : Alternatif Pengendalian Dalam Sistem Informasi Akuntansi Terkomputerisasi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, vol. 6 no 2. 2004.

Davis, F. D., User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of two Theoritical Models. Management Science. 1989.

Rara Ayu, L. P., Aplikasi Model TAM Terhadap Pengguna Layanan Internet Banking di Kota Denpasar. Tesis Pasca Sarjana Universitas Udayana. 2013.

Winarko, B., & Mahadewi, L., Tinjauan Beberapa Model Teori Dasar Adopsi Teknologi Baru. 2009.

Uma, S., Research Methodes for Business. Salemba Empat. 2006.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.