Usability Analysis of the DKI Jakarta Online Tax Application Using the System Usability Scale (SUS) Method

dimas faris noorfauzi(1*),Muhammad Al-Makky(2),Kusuma Adi Ahmad(3)
(1) Telkom University
(2) Telkom University
(3) Telkom University
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v12i2.1299

Abstract

The DKI Jakarta Online Tax Application is an application launched by the Jakarta City government to make it easier for the public in terms of renewing STNK, BPKB, and annual tax for both two-wheeled and four-wheeled vehicles, and much more. This application functions to speed up the long offline process by simply accessing the application and including the vehicle number to get a queue ticket or check prices. This research was conducted by collecting primary data through questionnaires to a total of 400 respondents who are DKI Jakarta residents who use the DKI Jakarta Online Tax application to determine the level of user satisfaction with the DKI Jakarta Online Tax application for the City of Jakarta using Usability Testing and System Usability Scale (SUS), the number of respondents this is sufficient based on the calculation of the number of samples from the existing population. The results of this study indicate that the DKI Jakarta Online Tax application gets a score of 50.31 with a "Very Bad" rating so it really needs improvement and improvement of the quality of the application so that it can be accepted and used properly by the community. Researchers also provide several recommendations to improve the usefulness of the DKI Jakarta Online Tax application.

Keywords: Pajak Online DKI Jakarta; Usability Testing; System Usability Scale; SPSS

 

Abstrak

Aplikasi Pajak Online DKI Jakarta merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh pemerintah Kota Jakarta untuk mempermudah masyarakat dalam hal perpanjangan STNK, BPKB, dan pajak tahunan kendaraan baik roda dua maupun roda empat, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini berfungsi untuk mempercepat proses offline yang begitu lama dengan hanya mengakses aplikasi tersebut dan mencantumkan nomer kendaraan untuk mendapatkan tiket antrian atau pengecekan harga. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data primer melalui kuisioner kepada total 400 responden yang merupakan masyarakat DKI Jakarta pengguna aplikasi Pajak Online DKI Jakarrta untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi Pajak Online DKI Jakarta Kota Jakarta menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale (SUS), jumlah responden ini sudah cukup berdasarkan perhitungan jumlah sampel dari populasi yang ada. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Pajak Online DKI Jakarta mendapat skor 50,31 dengan peringkat “Buruk Sekali” sehingga sangat diperlukan perbaikan dan peningkatan kualitas aplikasi agar dapat diterima dan dipergunakan dengan baik oleh masyarakat. Peneliti juga memberikan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan kegunaan aplikasi Pajak Online DKI Jakarta.

 

Keywords


Pajak Online DKI Jakarta; Usability Testing; System Usability Scale; SPSS

References


S. Abulhaija, S. Hattab, A. Abdeen, and W. Etaiwi, “Mobile Applications Rating Performance: A Survey,” International Journal of Interactive Mobile Technologies, vol. 16, no. 19, pp. 133–146, 2022, doi: 10.3991/ijimv16i19.32051.

Tumarni, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Penggunaan Nyata Terhadap Kepuasan Pemakai Laporan Keuangan (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi),” J Chem Inf Model, vol. 53, pp. 1689–1699, 2015.

A. Aan, and J. Permana, “Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) (Studi Kasus: UMKMBULELENG.COM)”, Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 8, pp. 2, 2019.

A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) (Usability Implementation in PENTAS Application Using the System Usability Scale (SUS) Method).” Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 1, pp. 106-212, 2019.

I. Salamah, “Evaluasi Usability Website POLSRI Dengan Menggunakan System Usability Scale.” Jurnal JANAPATI, vol. 8, pp. 3, 2019.

A. Irma Purnamasari and A. Setiawan, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi Pembelajaran Tari Menggunakan System Usability Scale (SUS),” Jurnal ICT: Information Communication & Technology, vol. 20, pp. 70–75, 2019.

A. Wibowo Soejono, A. Setyanto, and A. Fatah Sofyan, “Evaluasi Usability Website UNRIYO Menggunakan System Usability Scale (Studi Kasus: Website UNRIYO)”, Jurnal Teknologi Informasi, vol. XIII, pp. 1, 2018.

A. Nioga, K. Candra Brata, and L. Fanani, “Evaluasi Usability Aplikasi Mobile KAI Access Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus PT KAI),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, pp. 1396-1402, 2019.

D. Setiawan and S. L. Wicaksono, “Evaluasi Usability Google Classroom Menggunakan System Usability Scale,” Walisongo Journal of Information Technology, vol. 2, no. 1, p. 71, Jun. 2020, doi: 10.21580/wjit.2020.2.1.5792.

“Analisis dan Evaluasi Aspek Usability Pada Web HRMIS Telkom University Menggunakan”.

U. Ependi, T. B. Kurniawan, and F. Panjaitan, “SYSTEM USABILITY SCALE VS HEURISTIC EVALUATION: A REVIEW,” Jurnal SIMETRIS, vol. 10, no. 1, 2019.

N. W. Utami, I. Ketut, R. Arthana, I. Gede, and M. Darmawiguna, “Evaluasi Usability Pada E-Learning Universitas Pendidikan Ganesha Dengan Metode Usability Testing.” Jurnal JANAPATI, vol. 9, pp. 1, 2020.

A. Y. Pangestu, R. Safe’i, A. Darmawan, and H. Kaskoyo, “Evaluasi Usability pada Web GIS Pemantauan Kesehatan Hutan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 20, no. 1, pp. 19–26, Sep. 2020, doi: 10.30812/matrik.v20i1.709.

R. Djalinus, “Efektivitas Layanan Aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat Dalam Upaya Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Bekasi,” Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, vol. 9, Mar. 2022.

D. Firmansyah, S. Pasim Sukabumi, and S. Al Fath Sukabumi, “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), vol. 1, no. 2, pp. 85–114, doi: 10.55927.

W. Alfiani, “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen di Lampung Terhadap Kualitas Layanan Marketplace Dengan Menggunakan Metode Electronic Service Quality (E-SERVQUAL) Dan Importance Performance Analysis (IPA).” Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

P. Persepsi, “Metode Penelitian Kuantitatif,” 2017. Brebes: Universitas Peradaban Bumiayu

J. Brooke, “SUS: A quick and dirty usability scale.” [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/228593520

D. Budiastuti and A. Bandur, VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENELITIAN. Mitra Wacana Media, 2018.

V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 128–137, Dec. 2019, doi: 10.34128/jsiv5i2.185.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: File PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.