Analisis User Experience Aplikasi Siasat Mobile dengan Metode Heuristic Evaluation
Abstract
Siasat Mobile is an application used by students at Satya Wacana Christian University. Until now, there has been no research analyzing the level of user satisfaction and comfort with the Siasat Mobile application. Therefore, an analysis of the user experience of the Siasat Mobile application was conducted using the Heuristic Evaluation (HE) method. HE is a measurement method that covers user experience and comfort. HE includes 10 aspects of evaluation, including status visibility, suitability for daily life, user control, consistency, error handling, flexibility, and efficiency of use. This study resulted in a problem matrix experienced by users in the Siasat Mobile application, divided into two groups based on the urgency of the problems: major and minor, as well as recommendations for improving the interface according to user experience guidelines.
Keywords: Siasat Mobile; User Experience; Heuristic Evaluation
Abstrak
Siasat Mobile merupakan salah satu aplikasi yang digunakan oleh mahasiswa di Universitas Kristen Satya Wacana. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menganalisa tingkat kepuasan dan kenyamanan pengguna pada aplikasi Siasat Mobile. Maka dari itu, dilakukan analisis pengalaman pengguna aplikasi Siasat Mobile menggunakan metode Heuristic Evalutation (HE). HE merupakan metode pengukuran yang mencakup pengalaman dan kenyamanan pengguna. HE mencakup 10 aspek peniliaian, termasuk visibilitas status, kesesuaian dengan kehidupan sehari-hari, kontrol pengguna, konsistensi, penanggulangan kesalahan, fleksibilitas, dan efisiensi penggunaan. Penelitian ini menghasilkan matriks permasalahan yang dialami pengguna pada aplikasi Siasat mobile yang dibagi ke dalam 2 kelompok berdasarkan urgensi permasalahan yaitu mayor dan minor serta rekomendasi perbaikan tampilan sesuai dengan user experience guidelines.
Kata kunci: Siasat Mobile; User Experience; Heuristic Evaluation
Keywords
References
Y. A. Pratiwi, “Perancangansisteminformasiakademikberbasisweb Dismprahmatislamiyah,” Jurnal Teknologi, Kesehatan dan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 1, pp. 27–33, May 2020.
E. Ratmoko and M. Pakereng, “Analisis User Experience Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Siasat Menggunakan User Experience Questionnaire,” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), vol. 5, no. 1, pp. 11–18, Jun. 2022, doi: 10.37600/tekinkom. v5i1.498.
B.W. Trenggono, A. Faroqi, & A. Wulansari, “Penerapan Metode Heart Metrics dalam Menganalisis User Experience Aplikasi E-Learning”. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 11, no. 2, pp. 471-482, 2022.
A. Widya Nugroho, “Analisis User Experience Pada Website Sistem Informasi Tugas Akhir (SITA) Mahasiswa Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, vol. 7, no. 1, pp. 399–407, 2023.
D. Ayu, P. A. Widhiani, I. Ketut, R. Arthana, I. Made, and A. Pradnyana, “Analisa User Experience Pada Sistem Informasi Akademik Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau Dari Pengguna Mahasiswa,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 15, no. 1, p. 92, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/780
I. Gusti et al., “Analisis Usability Aplikasi iBadung Menggunakan Heuristic Evaluation Method Analisis Usability Aplikasi iBadung Menggunakan Heuristic Evaluation Method (I Gusti Ayu Agung Diah Indrayani),” JURNAL ILMIAH MERPATI, vol. 8, no. 2, pp. 89–100, Aug. 2020.
A. Kurniawan, R. I. Rokhmawati, and A. Rachmadi, “Evaluasi User Experience dengan Metode Heuristic Evaluation dan Persona (Studi pada: Situs Web Dalang Ki Purbo Asmoro),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 8, pp. 2918–2926, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
W. S. Wibowo, H. Muslimah Az-Zahra, and F. Abdurrachman Bachtiar, “Evaluasi dan Rekomendasi Tampilan Website E-Complaint Universitas Brawijaya Pada Perangkat Bergerak Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 12, pp. 2548–964, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
T. Khairil Ahsyar, U. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, J. H. Soebrantas Panam No, and R. -Indonesia, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), vol. 12, pp. 2579–5406, 2019.
B. Ghina, H. Ma, J. Wong, and D. R. Agushinta dan Metty Mustikasari, “Analisis User Experience Terhadap Website Perpustakaan Universitas Gunadarma dengan Metode Heuristic Evaluation,” Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, vol. 18, no. 3, pp. 189–198, 2019.
S. Rahayu Natasia, I. Wahyu Nur Rachma, M. Imam Ma, M. Fattah Ibnu Azmi, and dan Ridha Auliya, “Analisis User Interface Terhadap Website Badan Pusat Statistik Kota XYZ Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Journal of Software Engineering, Information and Communication Technology, vol. 2, no. 1, pp. 39–47, 2021.
S. L. Ramadhan, I. Fitri, and A. Rubhasy, “Perancangan User Experience Aplikasi Pengajuan E-KTP Menggunakan Metode UCD Pada Kelurahan Tanah Baru,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 1, pp. 287–298, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id
B. Merlin and A. Sambul, “Analysis of User Experience in University Academic Portal Using System Usability Scale (A Case Study in INSPIRE Portal of Sam Ratulangi University),” Jurnal Teknik Informatika, vol. 17, no. 3, pp. 213–218, 2022.
R. Donaroe Munthe, K. Candra Brata, and L. Fanani, “Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Brawijaya),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 7, pp. 2679–2688, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
J. Nielsen, R. Molich, and J. Bitnet Denmark, “Heuristic Evaluation of User Interfaces,” 1990.
J. J. Garrett, “The Element of User Experience.” http://uxdesign.com/assets/Elements-of-User-Experience.pdf (accessed May 22, 2023).
Admin, “User Experience Basics,” Usability Gov. https://www.usability.gov/what-and-why/user-experience.html (accessed May 22, 2023).
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.