Penentuan Keberhasilan Inseminasi Buatan Pada Sapi Menggunakan K-Nearest Neighbor

Hakim Saputra Perdana A.(1*),Ruliah Ruliah(2),Siti Fathimah(3)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i3.125

Abstract

Abstrak

Algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN) adalah sebuah metode untuk melakukan klasifikasi terhadap objek berdasarkan data pembelajaran yang jaraknya paling dekat dengan objek tersebut. Metode ini dipilih sebagai solusi untuk mengklasifikasikan keberhasilan inseminasi buatan (IB) pada sapi, dimana algoritma pada metode tersebut akan mempermudah para petugas atau inseminator dalam menggunakannya, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkecil kegagalan pada proses inseminasi buatan dan membantu agar terjadiya proses kehamilan berhasil menggunakan metode K-Nearest Neighbor (K-NN).

Pada penelitian ini menggunakan sebanyak 50 sampel data yang digunakan sebagai data latih yang dimasukan pada saat pengujian, algoritma metode K-NN akan membandingkan nilai dari setiap variabel pada satu data uji dengan nilai setiap variabel pada 50 buah data latih, sehingga mendapatkan jarak dari setiap data latih terhadap data uji lal dirangking dan secara otomatis akan mencari jarak 5 terdekat dari data latih tersebut.

Dari hasil perbandingan data pretest dan posttest maka didapat persentase kemampuan metode untuk hasil kesesuaian data yaitu sebesar 76%.

Kata Kunci: Metode K-Nearest Neighbor, Inseminasi Buatan Pada Sapi, Tingkat Keberhasilan

References


Agusta, K-Means, Retrieved from K-mean - penerapan, permasalahan dan metode. [Online] Available at: http://datamining.japati.net/dataupload/hadi1187726593.pdf, 2007

Autari, L., Sistem Penunjang Keputusan Pemberian Pinjaman Gdm Untuk Outlet Dengan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor, Skripsi Jurusan Teknik Informatika, Banjarbaru:STMIK Banjarbaru, 2016

Hastuti, D., Tingkat Keberhasilan Inseminasi Buatan Sapi Potong Di Tinjau Dari Angka Konsepsi Dan Service Per Conception. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, Volume Vol.4. No.1,2008, Hal.: 12-20, 2008.

Sumarlin, Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor Sebagai Pendukung Keputusan Klasifikasi Penerima Beasiswa PPA dan BBM. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 2015

Syairoji, Menentukan Tingkat Risiko Ibu Hamil Dengan Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (K-NN), Skripsi Jurusan Teknik Informatika, Banjarbaru: STMIK Banjarbaru, 2015.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.