Analisis User Experience Pada Aplikasi J&T EXPRESS Menggunakan Metode Heart Matrics

Muhammad Adiarsyah Syainal(1*),Arista Pratama(2),Anindo Saka Fitri(3)
(1) universitas pembangunan nasional veteran jawa timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
(3) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v12i1.1228

Abstract

The J&T Express application is used to provide services and information for using Indonesian expedition services. This research focuses on testing the user experience with the J&T Express application, which will result in more user reviews indicating that they are happy and satisfied with the J&T Express application. The method used is HEART Metrics, which focuses on variables such as happiness, engagement, adoption, retention, and task success, which can measure all aspects of user experience and then calculate Importance Performance Analysis. According to the results of this user experience test, the average value of the reliability criterion is 0.79 which indicates that the level of usability has not reached a very high level. on the results of the Cartesian diagram there are three questions that must be prioritized to improve Quadrant I, namely E2 and R4 and Quadrant III H3. The researcher suggests increasing the happiness subvariable, including visual appeal, and fixing questions H3, E2, and R4.

Keyword: HEART Metrics; User experience; Importance Performance Analysis; J&T Express.

 

Abstrak

Aplikasi J&T Express digunakan untuk memberikan layanan dan informasi bagi menggunakan jasa ekspedisi Indonesia. Penelitian ini berfokus pada pengujian user experience dengan aplikasi J&T Express, yang akan menghasilkan lebih banyak ulasan pengguna yang menunjukkan bahwa mereka senang dan puas dengan aplikasi J&T Express. Metode yang digunakan adalah HEART Metrics, yang berfokus pada variabel seperti happiness, engagement, adoption, retention, dan task success, yang dapat mengukur semua aspek User experience dan kemudian menghitung analisis Importance Performance Analysis. Menurut hasil uji user experience ini, nilai rata-rata kriteria reliabilitas adalah 0,79 yang menunjukkan bahwa tingkat level of usability belum mencapai tingkat yang sangat tinggi. pada hasil diagram kartesius ada tiga pertanyaan harus diprioritaskan untuk memperbaiki Kuadran I, yaitu E2 dan R4 serta Kuadran III H3. Peneliti menyarankan untuk meningkatkan subvariabel happiness, termasuk daya tarik visual, dan memperbaiki pertanyaan H3, E2, dan R4

Keywords


HEART Metrics; User Experience; Importance Performance Analysis; J&TExpress.

References


D.S. Fitriansyah, & R. Riwinoto, “Analisis User Experience Web halal Batam Di Pusat Kajian Halal Politeknik Negeri Batam Menggunakan User Experience”. Journal of Applied Multimedia and Networking, vol. 5, no. 2, pp. 67-76, 2021.

O.V.T. Utami, C. Wiguna, & D.M. Kusumawardani, “Implementasi dan Pengukuran Pengalaman Pengguna Sistem Informasi Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan NAPZA Menggunakan HEART Framework”. SISTEMASI, vol. 10, no. 2, pp. 460-469, 2021.

A.R. Pradana, & M. Idris, “Implementasi User Experience Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design Thinking”. AUTOMATA, vol. 2, no. 2, pp. 1-8, 2021

Khakim, M. Lukmannul, & O.O. Sharif. "Analisis User Experience Aplikasi Go-Jek Menggunakan Heart Metrics." eProceedings of Management, vol. 5, no. 1, pp. 13-20, 2018.

O. Septian, W.A. Kusuma, & E.D. Wahyuni, “Analisis perbandingan usability dan user experience terhadap e-trust pada situs ecommerce c2c menggunakan heart dan pulse framework”. Repositor, vol. 1, no. 1, pp. 27-38, 2019.

M.A. Maricar, D. Pramana, & E. Edwar, “Pengujian Prototype Pemesanan Creative Gift Menggunakan HEART Framework. Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 6, no. 2, pp. 1166-1173, 2022.

H. Thabrany, “Perbandingan klaim penyakit katastropik peserta jaminan kesehatan nasional di provinsi DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Timur tahun 2014. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 38-41, 2017.

A.L. Hanum, T.K. Miranti, D. Fatmawati, M.F. Diyon, & C.J. Prawiro, “Analisis User Experience Aplikasi Mobile Peduli Lindungi Menggunakan HEART Metrics”. Jurnal Syntax Admiration, vol. 3, no. 2, pp. 362-372, 2022.

R. Aisyah, A.L. Zahra, D. Shahita, & W. Hidayatullah, “Analisis User Experience Pengguna Aplikasi Neobank Berdasarkan Alat Ukur Heart Metrics”. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, vol. 2, no. 1, pp. 01-15, 2023.

B.W. Trenggono, A. Faroqi, & A. Wulansari, “Penerapan Metode Heart Metrics dalam Menganalisis User Experience Aplikasi E-Learning”. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 11, no. 2, pp. 471-482, 2022.

A.C. Zarkasi, A.S. Wardani, & S. Sucipto, “Analisa User Experience Terhadap Fitur Di Aplikasi Zenius Menggunakan Heart Framework”. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, vol. 6, no. 2, pp. 174-179, 2022.

A.V. Pratama, A.D. Lestari, & Q. Aini, “Analisis User Experience Aplikasi Academic Information System (Ais) Mobile Untuk User-Centered Metrics Menggunakan Heart Framework”. SISTEMASI, vol. 8, no. 3, pp. 405-412, 2019.

F.K. Dewi, & M. Ariyanti, “Perbandingan User Experience Aplikasi Digital Wallet (Pengguna Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja) Pada Mahasiswa Bandung”. Jurnal Manajemen Teknologi, vol. 19, no. 2, pp. 111-129, 2020.

A.M. Jannah, Analisis User Experience Pengguna Aplikasi Simvoni Menggunakan Metode Heart Metrics, Tugas Akhir UPN Veteran Jawa Timur, 2022.

R.D.B. Kurniawan, S.H. Wijoyo, & N.H. Wardani, “Evaluasi Usability Aplikasi MY JNE Dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) Dan Heuristic Evaluation”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol.3, no. 6, pp. 5583-5591, 2019

S.W. Devianarko, Evaluasi User Interface Berdasarkan Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website PT. SiCepat Ekspres Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode WebQEM, Laporan Tugas Akhir, Prodi Sistem Informasi, Universitas Dinamika, 2022.

M. Ariandi, & D. Marsolina, “Analisis Kepuasan Driver Terhadap Aplikasi Maxim Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)”. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 10, no. 2, pp. 412-426, 2023.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2018

J. Winter, D. Cotton, J. Gavin, and J.D. Yorke, Effective E-Learning? Multi-Tasking, Distractions And Boundary Management By Graduate Students In An Online Environment. Alt-J, 18, N. 1, P. 71-83, 2020


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Indonesian)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.