Analisis Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pasien Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak
Abstract
Digital Marketing is an attempt to market a service using social media with the aim of increasing the number of patient visits. The hospital needs to ensure that it is doing everything it can to implement the strategy. This study aims to determine the marketing strategies used by hospitals to increase the number of patient visits. The method used in this research is SWOT analysis and marketing mix. The results of this study show that the implementation of digital marketing was carried out by RSIA Harapan Bunda Denpasar, in marketing its services using social media and also by coming directly to private midwives' practice to collaborate. However, RSIA Harapan Bunda Denpasar has not optimally utilized its social media.
Keyword: Strategy; Marketing Mix; Patient visits; Hospital
Abstrak
Digital Marketing merupakan usaha untuk melakukan pemasaran suatu layanan menggunakan media sosial dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Rumah sakit perlu memastikan bahwa ia melakukan segala yang dapat dilakukannya untuk mengimplementasikan strategi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh rumah sakit untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dan marketing Mix. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa implementasi digital marketing yang dilakukan oleh RSIA Harapan Bunda Denpasar, dalam memasarkan layanannya menggunakan media sosial dan juga dengan datang langsung ke praktek bidan swasta untuk melakukan kerjasama. Namun RSIA Harapan Bunda Denpasar belum memanfaatkan sosial media yang dimiliki secara optimal.
Keywords
References
G. C. Dewi, “Dampak Pemakaian Media Sosial Terhadap Perkembangan Usaha Mikro (Studi Pada Usaha Makanan Kaki Lima),” J. Manaj. dan Kearifan Lokal Indones., vol. 3, no. 1, pp. 1-12, 2019, doi: 10.26805/jmkli.v3i1.35.
R. Rachmawati, “Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan,” J. Kompetensi Tek., vol. 2, no. 2, pp. 143–150, 2011.
M. Mahardika, A. R. P. Octasylva, and N. Nurida, “Strategi Pemasaran PT . Sari Melati Kencana Outlet ITC BSD Menggunakan Analisis SWOT SWOT (Analysis in the Marketing Strategy of PT Sari Melati Kencana at ITC BSD Outlet),” Iptek, vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2020.
S. U. Erman, “Analisis strategi keunggulan bersaing dalam rangka memenangkan persaingan bisnis perbankan,” Jom FISIP, vol. 2, no. 2, pp. 1–15, 2015.
N. Putu, M. Swanitha, S. Lavianto, and I. M. Artana, “Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Pada Lembaga Pendidikan Cyz,” Jinteks, vol. 4, no. 2, pp. 149–155, 2022.
R. L. UMAMI, “Strategi Pemasaran Berbasis Analisis Swot Pada Makanan Ringan Mantan Makting Umbulrejo Tanggul Jember,” Repository, unmuhjember 2019, [Online]. Available: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6468%0Ahttp://repository.unmuhjember.ac.id/6468/1/ARTIKEL.pdf.
R. Yunita, “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahanakan Eksistensi Radio Dangdut Terdepan Di Jakarta,” J. Komun., vol. VIII, pp. 24–32, 2017, [Online]. Available: file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/strategi komunikasi pemasaran rev 3.pdf.
V. Pertiwi, T. Joko, and H. L. Dangiran, “Evaluasi pengelolaan Limbah Berbahaya dan Beracun (B3) di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.
Aswir and H. Misbah, “Analisis Perbandingan Jumlah Pasien Rawat Inap dan Rawat Jalan di RSUD Dompu Tahun 2016 Menggunakan Metode Uji Man Whitney,” Repository, UII, 2018.
A. Permana, Pengertian Rumah Sakit. Repository. Unisba. Ac. Id, 2016.
Kemenkes RI, “Klasifikasi Rumah Sakit,” p. 116, 2010.
A. K. Damayanti and E. P. Kristanti, “Kesiapan anak masuk sekolah dasar ditinjau dari pola asuh orangtua,” J. Psikovidya, vol. 20, no. 2, pp. 40–52, 2016.
Yamin, “Orphanet J. Rare Dis.,” vol. 1, no. 21, pp. 1–9, 2009.
M. Stiadi, D. Herlinudinkhaji, Y. D. P. Ariyanti, and N. Erwanti, “Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Bagi Pelaku Umkm,” Bakti Banua J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 8–11, 2021, doi: 10.35130/bbjm.v2i1.212.
D. Rapitasari, “Digital marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan,” J. Cakrawala, vol. 10, no. 2, pp. 107–112, 2016, [Online]. Available: http://www.cakrawalajournal.org/index.php/cakrawala/article/view/36.
A. Y. Heningnurani, “Strategi Pemasaran RSUD H Abdul Manap Kota Jambi,” J. Adm. Rumah Sakit Indones., vol. 5, no. 3, pp. 153–164, 2019, doi: 10.7454/arsi.v5i3.2897.
R. Setyowati, “Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada PT. Vitapharm,” Mini Riset, Univ. Islam Indones., pp. 1–19, 2020, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/28279/17211058 Riza Setyowati.pdf?sequence=1.
A. Subianto, “Analisis swot tentang strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan kunjungan pasien di klinik bunda,” Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.
I. Andriyanto, “Irsad Analisis SWOT Dalam Pengembangan Bisnis (Studi Pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus),” J. Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 92-104, 2017.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.