Analisis Kualitas Aplikasi Absensi Mobile Menggunakan Metode Webqual 4.0

Amalia Husna(1*),Ade Priyatna(2)
(1) Universitas Nusa Mandiri
(2) Universitas Nusa Mandiri
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v12i1.1218

Abstract

A mobile-based attendance application is needed in a company so that attendance data continues to run every day in real time so that the attendance data report can be used by management in making various decision-making. It is necessary to develop an application system with features provided to support user satisfaction on all types of mobile phones. In this study using the Webqual 4.0 method which has three dimensions, namely the dimensions of information quality, interaction quality dimensions, and usability quality dimensions. The results of this research found in the t test of the three variables found that the variable quality of service interaction was 2.255 which had a significant effect on user satisfaction and the f-count test was 56.904 with a significance value of 0 less than 0.05 (0<0, 05). The quality of services interactions has a major influence on user satisfaction in an application quality followed by usability quality which is also a trigger for user satisfaction.

Keywords: Mobile-based attendance; Webqual; Quality; User satisfaction

 

Abstrak

Aplikasi absensi berbasis mobile dibutuhkan dalam sebuah perusahaan agar data absensi tetap berjalan setiap harinya sercara real time sehingga laporan data absensi tersebut dapat digunakan oleh pihak management dalam melakukan berbagai pengambilan keputusan. Diperlukan pengembangan sistem aplikasi dengan fitur yang disediakan untuk mendukung kepuasan pengguna pada semua jenis telapon selular. Pada penelitian ini menggunakan metode Webqual 4.0 yang memiliki tiga dimensi yaitu dimensi kualitas informasi, dimensi kualitas Interkasi, dan dimensi kualitas usability. Hasil dari penilitian ini terdapat pada uji t dari ketiga variabel mendapatkan bahwa variabel kualitas interaksi pelayanan sebesar 2,255 memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap kepuasan pengguna dan pada uji f-hitung sebesar 56,904 dengan nilai signifikansi sebesar 0 lebih kecil dari 0,05 (0<0,05). Kualitas interaksi pelayanan memberikan pengaruh yang besar terhadap kepuasan pengguna dalam sebuah kualitas aplikasi yang diikuti dengan kualitas kegunaan yang juga menjadi pemicu kepuasan pengguna.

Keywords


Absensi berbasis mobile; Webqual; Kualitas; Kepuasan pengguna

References


M. A. R. Sikumbang, R. Habibi, and S. F. Pane, “Sistem Informasi Absensi Pegawai Menggunakan Metode RAD dan Metode LBS Pada Koordinat Absensi,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 1, pp. 59-64. 2020.

A. A. Arfah and U. Suwardoyo, “Aplikasi Absensi Karyawan Menggunakan Geolocation Dan Finger Print Berbasis Android,” Jurnal Sintaks Logika, vol. 2, no. 2, pp. 1-8 2022.

H. Santoso and A. W. Yulianto, “Analisa Dan Perancangan Sistem Absensi Sisw Berbasis Web Dan SMS Gateway,” MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, Vol. 16, no. 2. Pp. 65-75. 2017.

S. Surahman and E. B. Setiawan, “Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan,” Ultima InfoSys: Jurnal Ilmu Sistem Informasi, vol. 8, no. 1, pp. 35-42, 2017.

T. Darmawan, “Pengukuran Kualitas Website Pada J&T Express Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, vol. 8, no. 1, pp. 260-271, 2020.

Z. Safitri, “Analisis Kualitas Website Perpustakaan Umum Lia Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Gaung Informatika, vol. 11, no. 2, pp. 12-22, 2018.

F. Andriansyah, N. Suryani, and S. A. Putri, “Analisa Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Aplikasi Ticket Monitoring PT. Infrastruktur Telekomunikasi Dengan Metode Webqual,” JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), vol. 4, no. 1, pp. 111-118. 2018.

N. Q. Nada and S. Wibowo, “Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0”, Jurnal Informatika UPGRIS, vol. 1, no. 2, pp. 42-51, 2015.

Hardani et al., Metode Penelitian Kualititatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu, 2020.

P. L. Santiari and I. G. S. Rahayuda, “Analisis Kualitas Website Alumni Stikom Bali Menggunakan Metode Webqual,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 2, p. 231-242, May 2018, doi: 10.25126/jtiik.201852576.

Emelda, “Pengaruh Absensi Fingerprint dan Sanksi Hukuman Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan,” Jurnal Media Wahana Ekonomika, vol. 15, no. 4, pp. 14-21. 2019.

Noor Wahyuni, “https://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/.”

Dr.Meiryani, “https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-composite-reliability-dalam-penelitian-ilmiah/.”

Dr.Meiryani, “https://accounting.binus.ac.id/2021/08/06/memahami-uji-multikolinearitas-dalam-model-regresi/.”

Dr.Meiryani, “https://accounting.binus.ac.id/2021/08/06/memahami-uji-heteroskedastisitas-dalam-model-regresi/.”

Dr.Meiryani, “https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-uji-t-dalam-regresi-linear/ .”

Dr.Meiryani, “https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-uji-f-uji-simultan-dalam-regresi-linear/#:~:text=Uji%20F%20bertujuan%20untuk%20mencari,bersama%2Dsama%20terhadap%20variabel%20terikat. .”


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.