Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-learning Berbasis Moodle Pada ITB STIKOM Bali
Abstract
Moodle-based e-learning is one of the software that can be used for teaching and learning purposes with the principles of social construction pedagogy. The End User Computing Satisfaction method of an information system is an overall evaluation of the users of the information system based on their experience in using the system. Evaluation using this model emphasizes end-user satisfaction with the technology aspect, with the content, accuracy, format, time and ease of use of the system. With the change in the e-learning model used by students, it became the background of this research which was carried out so that it would know the level of student satisfaction as a moodle-based e-learning user by using the End User Computing Satisfaction method. Based on the results of calculations carried out, the values generated by each indicator are Content = 33.64 (84.1) %. Format = 3.25 (81.2) %, Accuracy = 3.31 (82.8) %, Timeliness = 3.28 (82.1) %, and Easy of Use = 3.25 (81.3) %.
Keywords: End User Computing Satisfaction; E-Learning; Satisfaction level; Moodle
Abstrak
E-learning berbasis Moodle merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk keperluan belajar mengajar dengan prinsip social construction pedagogy. Metode End User Computing Satisfaction dari sebuah sistem informasi adalah evaluasi secara keseluruhan dari para pengguna sistem informasi yang berdasarkan pengalaman mereka dalam menggunakan sistem tersebut. Evaluasi dengan menggunakan model ini lebih menekankan kepuasan (satisfaction) pengguna akhir terhadap aspek teknologi, dengan isi, keakuratan, format, waktu dan kemudahan penggunaan dari sistem. Dengan adanya perubahan model e-learning yang dipergunakan oleh mahasisawa melatar belakangi penelitian ini dilakukan sehingga akan mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa sebagai pengguna e-learning berbasis Moodle dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan nilai yang dihasilkan oleh masing-masing indikator yaitu Content = 33.64 (84.1) %, Format = 3.25 (81.2) %, Accuracy = 3.31 (82.8) %, Timeliness = 3.28 (82.1) %, dan Easy of Use = 3.25 (81.3) %
Keywords
References
Chung & Ackerman, “Student Reactions to Classroom Management Technology: Learning Styles and Attitudes Towards Moodle”. Journal of Education for Business, 90, pp. 217-223, 2015
. T. F. Shadek and R. Swastika, “Pengembangan Aplikasi Sistem E-Learning Pada Seluruh Mata Kuliah Dengan Menggunakan Program Hypertext Prepocessor (Php) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Proses Dan Hasil Pembelajaran,” Jurnal ProTekInfo, vol. 4, pp. 13–14, 2017.
M. S. Robbi, “Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web dengan Model Prototype
pada SMPN 7 Kota Tangerang Selatan,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi,
vol. 2, no. 4, pp. 148–149, 2019.
Sukmanasa, E., Novita, L., & Siti, F. Analisis Kepuasan Mahasiswa
Terhadap Kinerja Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Universitas Pakuan. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 1, no. 2, pp. 91–99, 2017 https://doi.org/10.33751/pedagog.v1i2.390
R. Munap, S. N. B. Ahmad, S. A. Hamid, and M.F. B. M. Talib Beg, “The Influence of End UserComputing System (EUCS) on User Satisfaction: The Case of a Logistic and Courier ServiceCompany,” Int. J. Soc. Sci. Humanit. Invent., vol. 5, no. 12, pp. 5103–5110, 2018, doi: 10.18535/ijsshi/v5i12.03
A. B. Sulistyaningrum, N.A. Nirwana, D.R. Januar, and N.N. Hilalia, “Performa Kebijakan Kampus Merdeka pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat,” Jurnal Multidisiplin Madani, vol. 2, no. 6, pp. 2771–2786, Jun. 2022, doi:
55927/mudima.v2i6.489.
A. E. Prasetiyanto, “Analisis PenerimaanSistem Informasi Penugasan Berbasis E-learning Moodle Menggunakan Metode Webqual dan EUCS di SMKN 1 Ngasem” Seminar Nasional Inovasi Teknologi, Kediri, 47-52, 24 Juli 2021.
D. Pibriana & L. Fitriyani, “Penggunaan Model EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning Di MTs N 2 Kota Palembang”, JTSI, Vol.3, No.1, pp. 81-95, 2022
A.R Darwi & Efrizon, “Analisis Kepuasan pengguna E-Learning sebagai pendukung aktivitas pembelajaran menggunakan metode EUCS”, Jurnal Vokasional Teknil Elektro dan Informatika, Vol. 7, No.1. pp. 25-31, Maret 2019.
C. Natasia,” Pemanfaatan media E-learning Moodle untuk menunjang pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra”, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol. 8 No.1, pp. 169-179. 2020.
J. Fianti, K. Dewi, and M. Ariyanti, “Perbandingan User Experience Aplikasi Digital Wallet
(Pengguna Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja) pada Mahasiswa Bandung Jurnal
Manajemen Teknologi,” Jurnal Manajemen Teknologi, vol. 19, no. 2, pp. 111–129, 2020,
doi: 10.12695/jmt.2020.19.2.1
W.J Doll & G. Torkzadeh,”The Measurement of End-User Computing Satisfaction:
Theoretical Considerations”, MIS Quarterly (15:1) 1991.
I. Kurniasih and D. Pibriana, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online
Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist.
Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 181–198, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i1.787.
Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2013.
Muazizah, et al, ”Keefektifan Penggunaan E-learning Berbasis Moodle Berpendekatan
Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Antologi Pendidikan Luar Sekolah,
vol. 1, no. 1, pp. 1760-1768. 2017.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.