Model Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada Madrasah Aliyah Negeri Berbasis Web

Dedi Setia Rahman(1*),Bahar Bahar(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i3.118

Abstract

Abstrak

Sistem penerimaan siswa baru yang berjalan saat ini pada Madrasah Aliyah Negeri Buntok dilakukan dengan cara manual, berupa pencatatan di kertas, yaitu menggunakan formulir penerimaan siswa baru sehingga dalam pengolahan data memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan terkadang sering terjadi kesalahan dalam proses pengerjaannya. Tes seleksi yang masih manual(offline), calon siswa(pendaftar) harus datang ke lokasi tes, sehingga hal tersebut dapat memakan waktu bagi calon siswa(pendaftar) yang berdomisili diluar daerah. Pembuatan laporan pendaftaran siswa baru masih mengandalkan buku induk sebagai media penyimpanan data laporan sehingga dalam proses pembuatan sangat lambat dikarenakan harus menungu data terkumpul. Sistem penerimaan siswa baru masih terbagi dalam beberapa bagian, sehingga tidak efesien karena membutuhkan waktu yang lama, sumber daya manusia yang banyak untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Selain itu Madrasah Aliyah Negeri Buntok belum memiliki suatu wadah untuk menyampaikan informasi yang jelas tentang institusi tersebut.

Artikel ini  menyajikan proses perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada Madrasah Aliyah Negeri Buntok Berbasis Web. Informasi penerimaan siswa yang tersedia di web adalah merupakan informasi yang diberikan oleh Madrasah Aliyah Negeri Buntok. Sistem yang sudah di bangun sudah sesuai dengan tujuan yaitu dapat membantu mempermudah pihak manajemen sekolah dalam Penerimaan Siswa Baru Pada Madrasah Aliyah Negeri Buntok”.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Penerimaan Siswa Baru, Berbasis Web.

References


Rosady, R. Sistem Informasi Pendaftaran Siswa SMK Komputer Mandiri Banjarbaru Berbasis Web. Skripsi Jurusan Sistem Informasi, Banjarbaru: STMIK Banjarbaru, 2010.

Tiara A., Sistem Informasi Reservasi Hotel Berbasis Web. Skripsi Unija, Madura: Universitas Wiraraja (Unija), 2013.

Randy, G., Aplikasi Promosi Rumah Pada Perumahan Al-Huda II dengan Berbasis Web. Skripsi Jurusan Teknik Informatika, Banjarbaru: STMIK Banjarbaru, 2015.

Abidah, S., Amalia, R., Kirana, E.C., Desain Sistem Informasi Pemasaran Perumahan Pada PT. Griya Rolanda Mandiri Berbasis Web, PROGRESIF Vol. 10, No. 2, Hal.: 1025-1034, 2014.

Hardianti, S., Yudihartanti, Y., Model Aplikasi E-Voting Berbasis Web Pada Pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, JUTISI Vol. 4, No. 2, 735-744, 2015.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.