Analisis User Experience Terhadap Website E-Learning Disty (DILAN) Menggunakkan HEART Metrics

Dimas Febri Armanda(1*),Arista Pratama(2),Tri Lathif Mardi Suryanto(3)
(1) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
(2) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
(3) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v12i1.1176

Abstract

PT Disty Teknologi Indonesia applies learning media during the kampus merdeka program called DILAN (Disty Learning). The purpose of this research is to evaluate the user experience of DILAN (Disty Learning) using the HEART metrics method, which focuses on the variables of happiness, engagement, adoption, retention, and task success. In terms of the level of usability, the targets set for the five assessment variables are very high. Respondents from this test were Batch 1 and 2 Certified Internship and Independent Study (MSIB) students at PT Disty Teknologi Indonesia. The test results show that the average value of the reliability criterion is 0.74, indicating that the level of usability has not reached a very high level. In other word what has been achieved has not been able to reach the set target. The researcher recommends increasing the Task Success subvariable, which includes apprentices' effectiveness, efficiency, and error rate when using DILAN (Disty Learning). This research can be used by the DILAN (Disty Learning) development team to help them improve the system.

Keywords: HEART Metrics; User Experience; Kampus Merdeka

 

Abstrak

PT Disty Teknologi Indonesia menerapkan media pembelajaran saat program kampus merdeka berlangsung yang disebut dengan DILAN (Disty Learning). Penelitian ini berfokus pada pengujian user experience dari DILAN (Disty Learning) menggunakkan metode HEART metrics yang berfokus di variabel happiness, engagement, adoption, retention, dan task success. Dari sisi level of usability, target yang ditetapkan untuk kelima variabel penilaian tersebut adalah sangat tinggi. Responden dari pengujian ini merupakkan siswa Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 1 dan 2 di PT Disty teknologi Indonesia. Hasil pengujian diperoleh nilai rata-rata kriteria keandalan adalah 0,74 yang menunjukkan bahwa tingkat level of usability belum mencapai tingkat yang sangat tinggi. Sehingga apa yang dicapai belum dapat mencapai target yang ditetapkan. Peneliti menyarankan untuk meningkatkan sub variabel Task Success yang mencakup efektifitas, efesiensi, dan tingkat kesalahan peserta magang dari penggunaan DILAN (Disty Learning). Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi tim pengembang DILAN (Disty Learning) untuk memperbaiki sistem tersebut.

Keywords


HEART Metrics; User Experience; Kampus Merdeka

References


M. S. Robbi, “Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web dengan Model Prototype pada SMPN 7 Kota Tangerang Selatan,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 2, no. 4, pp. 148–149, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/index148

T. F. Shadek and R. Swastika, “Pengembangan Aplikasi Sistem E-Learning Pada Seluruh Mata Kuliah Dengan Menggunakan Program Hypertext Prepocessor (Php) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Proses Dan Hasil Pembelajaran,” Jurnal ProTekInfo, vol. 4, pp. 13–14, 2017.

A. B. Sulistyaningrum, N.A. Nirwana, D.R. Januar, and N.N. Hilalia, “Performa Kebijakan Kampus Merdeka pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat,” Jurnal Multidisiplin Madani, vol. 2, no. 6, pp. 2771–2786, Jun. 2022, doi: 10.55927/mudima.v2i6.489.

T. M. Fuadi and D. Aswita, “MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM): BAGAIMANA PENERAPAN DAN KEDALA YANG DIHADAPI OLEH PERGURUAN TINGGI SWASTA DI ACEH,” Jurnal Dedikasi Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 603–614, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi

Y. M. Geasela, P. Ranting, and J. F. Andry, “Analisis User Interface terhadap Website Berbasis E-Learning dengan Metode Heuristic Evaluation,” JURNAL INFORMATIKA, vol. 5, no. 2, 2018.

K. Rodden, H. Hutchinson, and X. Fu, “Measuring the User Experience on a Large Scale: User-Centered Metrics for Web Applications.”

A. Pratama, A. Lestari, and Q. Aini, “ANALISIS USEREXPERIENCE APLIKASIACADEMICINFORMATION SYSTEM (AIS) MOBILE UNTUK USER-CENTERED METRICSMENGGUNAKANHEARTFRAMEWORK,” SISTEMASI, vol. 8, pp. 405–412, 2019.

M. A. Maricar and E. Edwar, “Pengujian Prototype Pemesanan Creative Gift Menggunakan HEART Framework,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 6, pp. 1166–1173, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.3982.

A. M. Jannah, T. L. M. Suryanto, and A. Pratama, “Pengukuran User Experience Terhadap Penggunaan Aplikasi SIMVONI dengan Pendekatan Metode HEART,” EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 12, no. 1, p. 34, Jun. 2022, doi: 10.36448/expert.v12i1.2533.

A. L. Hanum, T. K. Miranti, D. Fatmawati, M. F. Diyon, and C. J. Prawiro, “Analisis User Experience Aplikasi Mobile Peduli Lindungi Menggunakan Heart Metrics,” Jurnal Health Sains, vol. 3, no. 2, pp. 362–372, Feb. 2022, doi: 10.46799/jsa.v3i2.390.

B. Widyo Trenggono, A. Faroqi, A. Wulansari, J. Rungkut, M. No, and I. Surabaya, “Penerapan Metode Heart Metrics dalam Menganalisis User Experience Aplikasi E-Learning,” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 11, pp. 471–482, 2022.

O. Verina, T. Utami, C. Wiguna, and D. M. Kusumawardani, “Implementasi dan Pengukuran Pengalaman Pengguna Sistem Informasi Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan NAPZA Menggunakan HEART Framework,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 10, pp. 460–569, 2021, [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

M. Perri, Escaping the Build Trap: How Effective Product Management Creates Real Value. China: O’Reilly Media, 2018.

J. Fianti, K. Dewi, and M. Ariyanti, “Perbandingan User Experience Aplikasi Digital Wallet (Pengguna Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja) pada Mahasiswa Bandung Jurnal Manajemen Teknologi,” Jurnal Manajemen Teknologi, vol. 19, no. 2, pp. 111–129, 2020, doi: 10.12695/jmt.2020.19.2.1.

D. Fianti and M. Ariyanti, “Perbandingan User Experience Aplikasi Digital Wallet (Pengguna Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja) pada Mahasiswa Bandung Jurnal Manajemen Teknologi,” Jurnal Manajemen Teknologi, vol. 19, no. 2, pp. 111–129, 2020, doi: 10.12695/jmt.2020.19.2.1.

A. Chan and M. Maharani, “PERBANDINGAN PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI MOBILE GO-JEK DAN GRAB (STUDI PADA KONSUMEN PT GO-JEK DAN PT GRAB INDONESIA DI DKI JAKARTA),” Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis , vol. 2, no. 25032755, pp. 163–173, 2017, [Online]. Available: www.webqual.co.uk

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV, 2017.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.