Model Aplikasi Penentuan Jenis Beasiswa Berbasis Algoritma K-NN Termodifikasi

Soegiarto Soegiarto(1*),Bahar Bahar(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i3.112

Abstract

Abstrak

 Salah satu model penunjang keputusan yang biasa digunakan oleh organisasi adalah prediksi dalam rentang waktu diskrit (klasifikasi). Dalam klasifikasi ada dua pekerjaan utama yang dilakukan, yaitu (1) pembangunan model basis pengetahuan sistem, dan (2) penggunaan model untuk melakukan pengenalan/prediksi kelas suatu objek data baru. Pada algoritma klasifikasi yang standar, umumnya model basis pengetahuan dihasilkan dari algoritma model (algoritma pelatihan), yang memiliki kelemahan yaitu data yang dimodelkan berdasarkan suatu teknik pemodelan tertentu cenderung dipaksa untuk masuk pada kelas tertentu yang sudah diset sebelumnya, sehingga sering terjadi sebuah objek kelas tidak  mencerminkan sepenuhnya sifat dari kelas yang ada (tidak alami), berdampak pada  proses klasifikasi menjadi kurang akurat.

Pada penelitian ini diujicoba  model Klasifikasi yang menggunakan Algoritma Klastering untuk pembentukan Kelas Model secara alami sebagai Basis Pengetahuan Sistem, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan pada teknik pemodelan  yang menghasilkan objek klas yang cenderung dipaksakan, sehingga menghasilkan proses klasifikasi yang lebih akurat.

Kata Kunci: Klasifikasi, Klastering, Algoritma k-Nearest Neighbor Termodifikasi,  Basis Pengetahuan

References


Rosmawanti N., Bahar, Model K-Nearest Neighbor Menggunakan Kombinasi Basis Aturan dan Basis Pengetahuan, Prosiding, Seminar Nasional Ilmu Komputer 2014, Yogyakarta, 2014.

Kusrini, Amha T.L., Algoritma Datamining, Penerbit ANDI: Yogyakarta, 2008.

Tedy R., Ardhitya W.I., Wahyu P., Sri Kusumadewi, “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Pocket PCSebagai Penentu Status Gizi Menggunakan Metode k_Nearest Neighbor”, Jurnal Teknoin, vol. 13, no. 2, hal.:1-6, 2008.

Chusnul I., Penerapan Case Based Reasoning Dengan Algoritma Nearest Neighbor Untuk Analisis Pemberian Kredit di Lembaga Pembiayaan, Jurnal Manajemen Informatika, Vol. 2, No. 1, hal.:11-21, 2013.

Nobertus K., Helmi, Bayu P., Algoritma k-Nearest Neighbor Dalam Klasifikasi Data Produksi Kelapa Sawit Pada PT. Minamas Kecamatan Parindu, Jurnal Mimaster, Vol.2, No.1, Hal.:33-38, 2013.

Prasetyo E., Data Mining – Mengelolah Data Menjadi Informasi, Penerbit ANDI: Yogyakarta, 2014.

Santosa B., Data Mining – Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis, Graha Ilmu: Yogyakarta, 2007.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.