Penerapan Metode PIECES Framework Pada Website Simkatmawa Sebagai Evaluasi Kepuasan Pengguna
Abstract
The Student Performance and Governance Information System (SIMKATMAWA) is a multi-user service website that functions in the field of student affairs and activities at national and international levels. The SIMKATMAWA website plays a role in presenting data related to student achievement to the Higher Education Institution (DIKTI) in the context of higher education transformation. The existence of this site is an effort to facilitate access to information about university activities, although users still face several obstacles in the process of using it. Therefore, the purpose of this study is to measure the level of satisfaction of users or authorized officers from the university in accessing the SIMKATMAWA site, by applying the PIECES Framework method (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, and Service). Data collection is done through questionnaires, literature studies, and data management analysis using a Likert scale. The results showed that by using the PIECES method, the SIMKATMAWA site proved to be very useful and played an important role in providing detailed information for university rankings.
Keywords: Website of SIMKATMAWA; PIECES Framework; Ranking; Student Services
Abstrak
Sistem Informasi Kinerja dan Tata Kelola Mahasiswa (SIMKATMAWA) adalah sebuah situs web layanan multi-pengguna yang berfungsi dalam bidang urusan mahasiswa dan kegiatan di tingkat nasional maupun internasional. Situs web SIMKATMAWA berperan dalam menyajikan data terkait prestasi mahasiswa kepada Lembaga Pendidikan Tinggi (DIKTI) dalam konteks transformasi pendidikan tinggi. Keberadaan situs ini merupakan upaya untuk memudahkan akses informasi mengenai aktivitas universitas, meskipun pengguna masih menghadapi beberapa kendala dalam proses penggunaannya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna atau petugas yang berwenang dari universitas dalam mengakses situs SIMKATMAWA, dengan menerapkan metode Kerangka PIECES (Kinerja, Informasi, Ekonomi, Kontrol, Efisiensi, dan Layanan). Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, studi literatur, dan analisis manajemen data menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode PIECES, situs SIMKATMAWA terbukti sangat berguna dan berperan penting dalam menyediakan informasi yang mendetail untuk perankingan universitas.
Kata Kunci: Website SIMKATMAWA; PIECES Framework; Pemeringkatan; Layanan Kemahasiswaan
References
P. L. Lokapitasari Belluano, I. Indrawati, H. Harlinda, F. A. . Tuasamu, and D. Lantara, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128.
N. M. B. Aditya and J. N. U. Jaya, “Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 3, no. 3, p. 325, 2022, doi: 10.30865/json.v3i3.3964.
I. Maryani and Z. A. Rizkah, “Analisa Kualitas Digimos Software Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Indo Mat Menggunakan Metode Pieces Framework,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 9, no. 1, pp. 63–71, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ ejurnal/index.php/ijse63
V. Y. P. Ardhana, “Analisis Usability Testing pada SITIDES Menggunakan System Usability Scale dan PIECES Framework,” Bull. Informatics Data Sci., vol. 1, no. 2, p. 89, 2022, doi: 10.61944/bids.v1i2.41.
K. K. Dewi, D. Putra Githa, N. Made, I. M. Mandenni, and E. P. Korespondensi, “Pengukuran Kualitas E-Learning LMS Moodle dengan Metode PIECES Framework dan Equivalence Partitioning,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 6, pp. 1234–1243, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.793.
L. H. Handoko, N. Balafif, and E. Kurniawan, “Analisis Kinerja Sistem Informasi Inventory Papoetoys Jombang Menggunakan Metode Pieces Framework,” J. Komput. Antart., vol. 2, no. 1, pp. 42–50, 2024, doi: 10.70052/jka.v2i1.248.
Y. R. Asih, A. Priyanto, and D. A. Puryono, “Sistem Informasi Pelayanan Jemaat Gereja Berbasis Website Menggunakan Analisis PIECES,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 175–186, 2022, doi: 10.28932/jutisi.v8i1.4406.
S. F. N. Tarigan and T. S. Maksum, “Pemanfaatan Layanan Sistem Informasi E-Puskesmas Dengan Menggunakan Metode Pieces,” Jambura Heal. Sport J., vol. 4, no. 1, pp. 29–36, 2022, doi: 10.37311/jhsj.v4i1.13446.
N. Huda and M. Megawaty, “Analisis Kinerja Website Dinas Komunikasi dan Informatika Menggunakan Metode Pieces,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 10, no. 2, pp. 155–161, 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i2.1018.
R. Prayogi, K. Ramanda, C. Budihartanti, and A. Rusman, “Penerapan Metode PIECES Framework Dalam Analisis dan Evaluasi Aplikasi M-BCA,” J. Infortech, vol. 3, no. 1, pp. 7–12, 2021, doi: 10.31294/infortech.v3i1.10122.
Agus Suharto, “Analisa Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi Akademik Dengan Metode Pieces Studi Kasus Pada STMIK Eresha,” vol. 3, no. 2, pp. 91–102, 2018.
N. Kinanti, A. Putri1, and A. Dwi, “Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 2, no. 2, pp. 78–84, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/ index.php/JEISBI/article/view/39730%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id
A. R. Adiguna, M. C. Saputra, and F. Pradana, “Analisis dan perancangan sistem informasi manajemen gudang pada PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya,” … Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 612–621, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/892%0Ahttp://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/892/346
A. Supriyatna, “Analisis Dan Evaluasi Penerapan Aplikasi Ujian Berbasis WebDengan Metode Pieces Framework,” Swabumi, vol. 3, no. 1, pp. 1–15, 2015, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/view/1004
A. Jariyah and N. Efendi, “Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa,” J. Biol., vol. 1, no. 4, p. 14, 2024, doi: 10.47134/biology.v1i4.2908.
N. A. J. Putri and R. Setyadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Website TVCCTube Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 2, pp. 714–722, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i2.2951.
R. Imanda, A. Rizal, and A. Mulia, “Evaluasi Penggunaan Sistem dengan Analisa PIECES serta Faktor Penghambatnya dalam Pembelajaran Daring di FT UHAMKA,” Pros. Semin. Nas. Teknoka, vol. 6, no. 2502, pp. 50–57, 2022, doi: 10.22236/teknoka.v6i1.429.
Y. Asbar and M. A. Saptari, “Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES,” J. Visioner Strateg., vol. 6, no. 2, pp. 39–47, 2017.
D. Oktaviyani, A. Sulistyanto, Johan, and V. Yasin, “Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Menggunakan Metode Pieces,” J. Manaj. Inform. Jayakarta, vol. 3, no. 4, pp. 370–381, 2023, [Online]. Available: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/ index.php/JMIJayakarta
Ilham, Suparni, Ahmad Al Kaafi, and Hilda Rachmi, “Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Tokopedia,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 9, no. 2, pp. 119–128, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/18038
I. Apriliansah, D. N. Saputri, and T. Sutabri, “Evaluasi Kinerja Sistem Aplikasi SeaBank Menggunakan Metode PIECES,” 59 Jurti, vol. 8, no. 1, pp. 2579–8790, 2024.
P. Pakaya, R. Raupu, M. S. Tuloli, and ..., “Analisis Kinerja Aplikasi Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Menggunakan Metode Pieces,” Diffus. J. …, vol. 3, no. 2, pp. 32–44, 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/diffusion/ article/view/19862%0Ahttps://ejurnal.ung.ac.id/index.php/diffusion/article/viewFile/19862/7006
B. Rahman, M. Arifin, N. Latifah, and D. Laily Fithri, “RESOLUSI : Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi Penerapan Metode Pieces Pada Sistem Informasi Manajemen WO MAX.ENTERTAINMENT,” Media Online, vol. 3, no. 4, pp. 125–133, 2023, [Online]. Available: https://djournals.com/resolusi
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.