ANALISIS PERBANDINGAN LOGIKA BOOLEAN DENGAN LOGIKA FAZI UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PEMROGRAMAN

Siti Cholifah(1*)
(1) STMIK Indonesia Banjarmasin
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v6i2.81

Abstract

Didalam penerapannya bahwa himpunan klasik disebut juga  dengan himpunan boolean dikarenakan untuk menyatakan himpunan klasik hanya  mengenal dua keadaan kalau tidak benar ya salah, kalau tidak hitam ya putih, atau kalau tidak 1 ya nol, dan seterusnya. Sedangkan dalam logika fazi mengenal adanya suatu nilai yang terletak diantara 0 dan 1, hitam dan putih, ya dan tidak. Sehingga dengan adanya perbedaan pernyataan dalam logika boolean dan logika fazi, maka akan menentukan penggunaan dalam bahasa pemrograman. Selama ini dalam pemrograman hanya mengenal  tipe data boolean, yang dinyatakan dengan dua kondisi atau dua keadaan saja benar atau salah, ya atau tidak. Dengan adanya perkembangan dari logika boolean menjadi logika fazi maka dimungkinkan adanya tipe data fazi yang mempunyai nilai diantara logika boolean. Hal ini akan mempengaruhi dalam penyusunan atau penulisan program.

 

Dalam  permasalahan penelitian tentang  perbandingan logika Boolean dengan logika fazi, untuk menyelesaikan permasalahan dalam pemrograman, maka untuk  permasalahan tertentu yang tidak dapat diselesaikan dengan logika Boolean, seperi pada contoh program tentang daerah resapan, dimana penyelesaiannya harus dengan menggunakan logika fazi, karena data yang dimasukkan mempunyai suatu rentang nilai atau interval 0-1. Seperti pada data debit input nilainya interval 0-1, kemudian data koefisien permeabilitas tanah datanya mempunyai interval 0-1, Data durasi hujan juga mempunyai interval 0-1.

Karena semua datanya intervalnya 0-1 maka penyelesaiannya dengan menggunakan logika fazi. Sedangkan untuk masalah-masalah yang dapat diselesaikan dengan logika Boolean, yaitu jika datanya mempunyai nilai  dua keadaan yaitu 1 dan 0.

 

Kata kunci :  logika Boolean, logika fazi, interval

References


Baeza Yates, R. and Ribeiro-Neto, B., 1999. Modern Information Retrieval, Addison-Wesley, New York

Chmlelewski, L. dan Hoepman, Jaap-Henk, 2007. Fuzzy Private Matching, Extended Abstract, Institute for Computing and Informastion Sciences, Radboud University Nijmegen, Nederland

C.L.Liu, 1985. Elements Of Discrete Mathematics: Second Edition, McGraw-Hill International editions

Domonkos Tikk, Jae Dong-Yang, Peter Baranyi, Aniko Szakal, Fuzzy Relational Thesauri, Research Report, National Scientific Research.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.