Pengembangan Game Simulasi Pembuatan SKCK Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Metode MDLC

Heldi Arisandi(1),Tina Tri Wulansari(2*)
(1) Universitas Mulia
(2) Universitas Mulia
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v20i1.1558

Abstract

The lack of public understanding regarding the process of obtaining a Police Certificate (SKCK) forms the core issue identified. The public often experiences confusion or difficulty in following SKCK procedures due to a lack of understanding of police regulations. Therefore, this research aims to address this issue by developing an educational game that can be run on Android devices. Utilizing the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) development method, a game titled "Penerbitan SKCK" was created. Research findings revealed that approximately 94.1% of 14 respondents provided a positive response to this simulation game, indicating its potential as an effective educational tool for improving understanding of the SKCK issuance process. Consequently, this research successfully developed an innovative educational solution contributing to a better understanding of the SKCK issuance process.

Keywords: Learning Media; Androids; Simulation Game; SKCK Creation; 3D Game.

 

Abstrak

Rendahnya pemahaman masyarakat tentang proses pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menjadi inti permasalahan yang diidentifikasi. Masyarakat sering kali mengalami kebingungan atau kesulitan dalam mengikuti prosedur SKCK karena kurangnya pemahaman terhadap aturan kepolisian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah ini dengan mengembangkan game edukasi yang dapat dijalankan pada perangkat android. Dengan menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) maka terciptalah sebuah game yang berjudul "Penerbitan SKCK". Hasil penelitian mengungkap bahwa sekitar 94.1% dari 14 responden memberikan respon positif terhadap game simulasi ini, mengindikasikan potensi positif sebagai alat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman tentang proses pembuatan SKCK. Dengan demikian, penelitian ini berhasil dalam mengembangkan solusi pendidikan yang inovatif dan berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang proses pembuatan SKCK.

Kata kunci: Media Pembelajaran; Androids; Game Simulasi; Pembuatan SKCK; Game 3D

References


Kepolisian Republik Indonesia. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). [online]. Available: https://www.polri.go.id/skck (diakses 18 Juli 2023).

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Sulthoni, "Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini", J. JINOTEP., Vol. 6, no. 1, pp. 39-44, Juni, 2019.

M. Karundeng, S. R. U. A. Sompie, dan A. M. Sambul, “Pembuatan Game Simulasi Kewirausahaan untuk Profesi Peternak,” E-Journal Tek. Inform., vol. 14, no. 1, hal. 53–62, 2019.

C. Gardadinata, A. S. M. Lumenta, dan A. M. Sambul, “Pembuatan Game Simulasi Kewirausahaan untuk Profesi Nelayan,” J. Tek. Inform., vol. 4, no. 1, hal. 43–52, 2019.

G. Henviani, J. E. Samodra, dan V. Citrayasa, “Pengembangan Game Simulasi Memasak untuk Memperkenalkan Makanan Khas Daerah Indonesia kepada Siswa Tingkat SD,” J. Inform. Atma Jogja, vol. 3, no. 2, hal. 126–133, 2022, doi: 10.24002/jiaj.v3i2.6786.

Wulansari, T. T., & Sfenrianto. "Strategic Plan Development Of Accreditation Information System Of Study Program Using Zachman Framework", International Journal Of Scientific & Technology Research, Vol 8, No. 11, Pp. 1477-1485. November, 2019.

Wulansari, T. T, Rencana Strategis Sistem Informasi Menggunakan Zachman Framework dan McFarland Grid. 1. Yogyakarta: Diva Pustaka, 2022.

Wulansari, T. T., & Fitrianto, Y. "Modernization Planning Of Public Services on Death Management Based On Gotong Royong Using Zachman Framework". International Journal of Advances in Engineering and Management, vol 3, no. 10, pp. 431-442. Juni, 2021.

K. S. Mustaghfaroh, F. N. Putra, dan R. S. A. Ananingtyas, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan MDLC Untuk Materi Benda dan Perubahan Sifatnya,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, hal. 100–109, 2021, doi: 10.47134/jacis.v1i2.22.

Angela, B. V., Wulansari, T. T., Fitrianto, Y., Riyayatsyah, & Rahim, A. "User Interface and User Experience Analysis of Kejar Mimpi Mobile Application using the User-Centered Design Method", ILKOM Jurnal Ilmiah, vol 15, no. 1, pp. 1-10. Februari, 2023.

Haikal, M., Kusuma, R. S., Nauvanda, S. E., & Safitri, M. "Perancangan User Interface Dan User Experience Pada Web Mb Tours And Travel Bekasi", JIKA (Jurnal Informatika) Universitas Muhammadiyah Tangerang, vol. 6, no. 3, pp. 271-278. November, 2022.

Muhammad, I., Arbansyah, & Wulansari, T. T., "Aplikasi Media Pembelajaran Sifat-Sifat Keperiodikan Unsur Kimia (SIKEP) Berbasis Android", Perpustakaan Universitas Mulia., Samarinda, STMIK Sentra Pendidikan Bisnis, 2017.

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. "Perancangan UI/UX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma", Jurnal Ilmiah Digital Of Information Technology, vol. 10, no. 2, November, 2020.

Tandi, I. L., Wulansari, T. T., & Sari, N. W. "Aplikasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Pada Universitas Mulia Kampus Kota Samarinda Berbasis Web", Proc. SEMINASTIKA, Oktober 2021.

Wulansari, T. T, “Perancangan Dan Implementasi Website Profil Dan Sistem Informasi Nilai Pada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Cordova Samarinda”, Metik, vol. 4, no. 1, pp. 8-14. Juni, 2020.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.