Model Sistem Informasi Berbasis Website Pada Ekowisata Penyu Leceria Turtle Farm Tanjung Benoa
Abstract
Abstrak. Media promosi berbasis offline menyebabkan keterbatasan akses informasi bagi wisatawan mengenai tempat penangkaran penyu Leceria Turtle Farm sebagai salah satu tempat rekreasi di Tanjung Benoa. Artikel ini menyajikan model sistem informasi berbasis Web untuk diimplementasikan sebagai media promosi pada usaha wisata Leceria Turtle Farm Tanjung Benoa. Metode Agile Development yang menekankan kolaborasi tim pengembang dan klien, digunakan dalam upaya untuk mempercepat dan meningkatkan fleksibilitas proses pengembangan sistem. Pengembangan Web menggunakan framework PWA (Progressive Web Apps), dengan memadukan antara Web, Apps dan mobile aplikasi dalam bahasa javascript, dengan library Bootstrap, sedangkan database menggunakan MySql. Beberapa fitur fungsional utama yang dihasilkan dalam kajian analisis kebutuhan, berupa: media galeri, media fasilitas, informasi tiket, dan formulir rencana kunjungan. Metode pengujian blackbox testing digunakan untuk memvalidasi keterpenuhan fitur-fitur fungsional yang telah diidentifikasi pada tahapan analisis kebutuhan pengguna. Hasil uji fungsional menunjukkan fitur-fitur fungsional yang terdapat pada aplikasi Web telah valid.
Kata Kunci: Media Promosi; Progressive Web Apps; Bootstrap; Blackbox testing
Abstract. The offline-based promotional media has limited access to information for tourists regarding the turtle hatchery, Leceria Turtle Farm, as a recreational area in Tanjung Benoa. This article presents a Web-based information system model to be implemented as a promotional medium for the Leceria Turtle Farm Tanjung Benoa tourism business. The Agile Development method, which emphasizes the collaboration of the developer team and the client, is used in an effort to speed up and increase the flexibility of the system development process. Web development uses the PWA (Progressive Web Apps) framework, by combining the Web, Apps and mobile applications in javascript language, with the Bootstrap library, while the database uses MySql. Some of the main functional features produced in the needs analysis study are: gallery media, facilities media, ticket information, and visit planning forms. The blackbox testing method is used to validate the fulfillment of the functional features that have been identified at the user requirements analysis stage. The results of the functional test show that the functional features contained in the Web application are valid.
Keywords: Promotional Media; Progressive Web Apps; Bootstrap; Blackbox testing
References
I. G. A. K. Warmayana, “Perancangan Sistem Informasi Wisata Religi Berbasis Website di Bali”, Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, vol. 3, no. 1, pp. 37-58, 2018.
N. Vinandari, K. A. Hafizd, M. Noor, ”Sistem Informasi Geografis Wisata Religi Berbasis Web Mobile”, Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 41-49, 2019.
I. Sunaria, I. Rosyadi, H.H. Kusumawardhani, “Sistem Informasi Wisata Religi Islam Kabupaten Pekalongan Berbasis Android”, Jurnal Surya Informatika: Membangun Informasi dan Profesionalisme, vol. 9, no. 1, pp. 11-21, 2020.
E. Kartini, P. Silitonga, “Sistem Informasi Wisata Kuliner di Kota Medan Berbasis Web”, Media Informasi Analisa dan Sistem, vol. 2, no. 2, pp. 139-145, 2018.
D. M. Sari, S. Asmawati, “Media Informasi Website pada Wisata Kuliner Panganan Khas Mandar”, Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 5, no. 3, pp. 267-274, 2020.
D. Danang, F. Febriyantahanuji, “Rancang bangun sistem informasi pariwisata dan budaya berbasis web menggunakan google api pada kantor pariwisata dan kebudayaan kabupaten Blora”, In Prosiding Seminar Nasional & Internasional, vol. 1, No. 1, 2018
A. Sudianto, “Penerapan Website Sebagai Sarana Promosi Wisata Budaya pada Kabupaten Lombok Timur”, Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 1, no. 1, pp. 11-17, 2018.
I. W. M. Yoga, I. G. J. E. Putra, A. I. I. Paramitha, “Perancangan Pemetaan Destinasi Wisata Kabupaten Karangasem Berbasis Sistem Informasi Geografis. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 3, pp. 131-140, 2019.
L. Fitriani, T. Faturochman, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Pariwisata Dan Industri Berbasis Web”. Jurnal Algoritma, vol. 15, no. 2, pp. 106-112, 2018.
P. H. Sutanto, N. Lidwan, W. Ridwan, M. A. Lahat, M. M. Al Atas, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Paket Wisata Berbasis Web (Studi Kasus pada Jams Tour)”, Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 10, no. 1, pp. 75-86, 2021.
I. Hizbullah, M. Salmin, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi/Teknologi Informasi Menggunakan Framework TOGAF Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai”, Teknika, vol. 10, no. 2, pp. 122-127, 2021.
G. A. Manu, D. Fallo, “Implementasi Google My Business (GMB) dalam Promosi Pariwisata di Kota Kupang dan Sekitarnya”, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 2, no. 2, pp. 8-15, 2019.
O. Veza, “Rancang Bangun Aplikasi Objek Wisata Kota Batam Berbasis Android. Liga Ilmu Serantau, vol. 1, no. 1, pp. 51-64, 2018
R. Putra, A. Hafid, E. Arribe, H. Mukhtar, “Rancang Bangun Aplikasi Rekomendasi Akomodasi Dan Informasi Pariwisata Berbasis Android Di Kota Pekanbaru”, Jurnal Fasilkom (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer), vol. 9, no. 3, pp. 41-46, 2019.
S. H. Putra, E. Afri, “Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kawasan Wisata Kabupaten Langkat”, In Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), vol. 2, pp. 271-277, 2020.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.