Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Edumu Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Studi Kasus: SMK Muhammadiyah I Palembang)
Abstract
This study aims to analyze user satisfaction with the eduMu application using the Technology Acceptance Model (TAM) method. The eduMu application is an online learning platform designed to increase interaction between teachers and students through innovative features. The population in this study were all users of the eduMu application at SMK Muhammadiyah I Palembang, totaling 681. The sampling technique used simple random sampling obtained a sample of 244 eduMu users, students and 50 teachers. The results of this study are all indicators of the TAM variable having a relationship to user satisfaction seen from F count on student data 122.659 > F table 2.409 and on teacher data F count 17.100 > 2.557 so it can be concluded that all variables have a positive effect on user satisfaction. The value of the satisfaction level of users of the eduMu application, teachers and students using the TAM method for application users seen from R Square, is equal to 60.3% for eduMu teachers and 67.2% for eduMu students. Which means that eduMu users at SMK Muhammadiyah I Palembang are satisfied with the eduMu application user satisfaction of students and teachers using the TAM method.
Keywords: eduMu; Satisfaction; Technology Acceptance Model
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna terhadap aplikasi eduMu menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Aplikasi eduMu merupakan platform pembelajaran online yang dirancang untuk meningkatkan interaksi antara pengajar dan pelajar melalui fitur-fitur inovatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi eduMu di SMK Muhammadiyah I Palembang sebanyak 681. Teknik pengambilan sampel menggunakan pengambilan sampel acak sederhana didapatkan sampel sebanyak 244 pengguna eduMu Siswa dan 50 Guru. Hasil dari penelitian ini adalah semua indikator dari variabel TAM mempunyai hubungan terhadap kepuasan pengguna dilihat dari F hitung pada data siswa 122,659 > F tabel 2,409 dan pada data guru F hitung 17,100 > 2,557 sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Nilai tingkat kepuasan pengguna aplikasi eduMu guru dan siswa menggunakan metode TAM pada pengguna aplikasi dilihat dari R Square yaitu sebesar pada eduMu guru 60,3% dan eduMu siswa 67,2%. Yang artinya pengguna eduMu di SMK Muhammadiyah I Palembang sudah puas terhadap kepuasan pengguna aplikasi eduMu siswa dan guru menggunakan metode TAM.
Keywords
References
. N. Utami, "Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi dan Dampaknya terhadap Kualitas Informasi Akuntansi (Survei pada Unit Akuntansi Keuangan pada Bank BUMN di Kota Bandung)," 2020.http://elibrary.unikom.ac.id/ id/eprint/3692
. V. C. Monarike dan D. Krisbiantoro, "Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi Zoom Cloud Meeeting Menggunakan Model Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam)," Journal of Information System Management (JOISM), vol. 4, no. 1, pp. 8–15, 2022. 10.24076/joism.2022v4i1.741.
. Y. Primadasa, E. Etriyanti, dan V. Amalia, "Analisis Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Sistem Portal Akademik Menggunakan Metode Technology Acceptance Model," CogITo Smart Journal, vol. 8, no. 1, hal. 161–170, 2022. 10.31154/cogito.v8i1.373.161-170
. C. C. Caroline, "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan M-Banking Berdasarkan Teori TAM," Keunis, vol. 9, no. 2, p. 160, 2021, doi: 10.32497/keunis.v9i2.2819.
. J. Hikmah, "Paradigm," Computer Graphics Forum, vol. 39, no. 1, pp. 672–673, 2020, doi: 10.1111/cgf.13898.
. I. Nuraeni, "Metode Penelitian," Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.
B. A. B. Iii, "Widyastuti Ayu Permatasari, 2020 PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT DAN MOTIVASI TERHADAP TURNOVER INTENTION," Universitas Pendidikan Indonesia, repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu, 2020, hal. 46–72.
U. Muslimin, "Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Pembelian," Amsir Management Journal, vol. 1, no. 2, hal. 81–92, 2021. 10.56341/amj.v1i2.22.
I. Nuraeni, "Metode Penelitian," Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.
Steven dan R. Pratiwi, "Pengaruh Green Marketing, Green Brand Image, Packaging, Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas (Survey Pada Pelanggan Starbucks di Kota Pontianak)," Jurnal Produktivitas, vol. 7, no. 2, pp. 189–195, 2020.
E. Rosita, W. Hidayat, dan W. Yuliani, "Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial," FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), vol. 4, no. 4, p. 279, 2021, doi: 10.22460/fokus.v4i4.7413.
R. N. Amalia, R. S. Dianingati, dan E. Annisaa’, "Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi," Generics: Journal of Research in Pharmacy, vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2022, doi: 10.14710/genres.v2i1.12271.
T. N. Padilah dan R. I. Adam, "Analisis Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi Di Kabupaten Karawang," FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 117–128, 2019, doi: 10.24853/fbc.5.2.117-128.
U. S. Pinasti, S. Achiria, E. Islam, A. Islam, "[Judul Artikel]," Jurnal Khazanah, vol. 14, no. 2, pp. 72–82, 2022.
Ghozali, "Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Keamanan, Privasi terhadap Net Benefit dengan Kepuasan Pengguna sebagai Variabel Intervening," Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 51, no. 9, pp. 1689–1699, 2018.Available: file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.