Penerapan Metode Weighted Product Pada Proses Penentuan Pemenang Fashion Show

Radian Noer, Yulia Yudhihartanti, Muslihudin Muslihudin

Abstract


Selama ini pemilihan pemenang fashion show hanya menjumlahkan nilai dari semua kriteria yang telah ditentukan, tanpa melihat kriteria satu dengan kriteria lainnya. Padahal dari semua kriteria tersebut ada yang bernilai sangat penting dan kurang penting, hal ini menyebabkan penilaian kurang objektif, dikarenakan dalam penilaian tersebut belum menggunakan bobot kriteria yang pasti serta tidak adanya suatu sistem yang dapat menunjang penggunaan bobot tersebut untuk menghasilkan hasil yang tepat.

Pendekatan yang diambil untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode Weighted Product. Yaitu dengan cara perkalian untuk menghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan.

Kesimpulan dari 24 data permasalahan yang di uji menggunakan perbandingan pretest dan posttest memiliki akurasi sebesar 37,5%.

Kata Kunci : Fashion Show, Weighted Product, Model


Full Text:

PDF

References


Yusuf, F., Darmawan, E., & Friatna, F. (2012). Implementasi Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penjurusan di Sekolah Menengah Atas.

Litha Astriana A., A. A. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima JAMKESMAS Menggunakan Metode Weighted Product.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

ajizai. (2012). Mengenal Apa Itu Fashion Show.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

p-ISSN 2089-3787

e-ISSN 2685-0893    

-------------------------------------------------------------------------