Model Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Mobile Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Sekolah Dasar Pasca Pembelajaran di Kelas (Tahun ke-2)

Bahar Bahar

Abstract


Tidak tersedianya waktu yang memadai bagi guru sekolah dasar di Indonesia untuk menyampaikan materi pembelajaran di dalam ruang kelas menyebabkan pembelajaran menjadi tidak efektif. Penggunaan e-learning, e-module, dan teknologi pembelajaran interaktif Compact Disk untuk membantu siswa belajar secara mandiri di luar waktu belajar formal di kelas masih memiliki kelemahan. Penelitian ini mengusulkan model media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi mobile berbasis Smart Phone untuk membantu guru menyampaikan materi pelajaran di luar waktu belajar formal. Model media pembelajaran ini berfungsi sebagai media untuk memperkaya materi pelajaran yang tidak tuntas disampaikan di ruang kelas.          Penelitian ini menggunakan metode Penelitian R&D (Research and Development) yang terdiri atas tiga tahapan utama, yaitu: analisis persyaratan sistem, pengembangan model sistem, dan evaluasi formatif untuk menguji efektivitas model sistem.          Penelitian ini merupakan penelitian dasar, dengan TKT maksimal pada level 3. Studi Literatur mengenai teknologi yang dikembangkan telah diselesaikan, demikian juga dengan hipoteis penelitian telah dibangun. Dengan demikian TKT level 1 penelitian ini telah dituntaskan. Untuk TKT level 2, desain teoritis dan elemen-elemen dasar teknologi yang akan dikembangkan telah diketahui. Pada tahun pertama, penelitian ini telah menyelesaikan TKT level 2 yaitu membangun rancangan / model teknologi (Model Prosedural dan Model Phisikal). Pada tahun ke-2 penelitian ini dilakukan pengembangan produk dan pengujian kebenaran secara teoritis seluruh komponen-komponen teknologi yang dikembangkan melalui Validasi Ahli (expert), validasi 1-1 pengguna sistem (siswa), Ujicoba kelompok kecil pengguna (siswa), Ujicoba kelompok besar (siswa), dan pengujian sistem prototipe secara terintegrasi dengan menggunakan data dummy untuk memenuhi TKT level 3.          Luaran wajib tahun ke-1 yang telah dipenuhi pada penelitian ini berupa Artikel Ilmiah yang diterbitkan pada Jurnal Internasional bereputasi /terindeks Scopus (status: sudah terbit), serta Artikel yang diseminasikan pada seminar nasional (status: telah dilaksanakan). Adapun Luaran Tambahan yang telah dipenuhi pada Tahun ke-1 adalah Publikasi Artikel pada Jurnal Nasional Terakreditasi (status: telah terbit).          Pada tahun ke-2, luaran wajib berupa Artikel yang dideseminasikan dan diterbitkan pada Prosiding Internasional (Terindeks Scopus). Adapun luaran tambahan berupa Buku Ajar ber-ISBN sedang dalam proses Review (Pendanaan atas Luaran Tambahan ini Dibatalkan Pada Kontrak yang diamandemen). Luaran tambahan lainnya berupa Artikel yang diterbitkan pada Jurnal Nasional Terakreditasi dan HKI.          Hasil validasi expert (Desain model Media Pembelajaran) menunjukkan bahwa model media pembelajaran berbasis teknologi mobile yang dikembangkan sangat cocok untuk digunakan sebagai sumber belajar untuk pengayaan bahan ajar pasca pembelajaran di dalam ruang kelas, dengan persentase validasi rata-rata mencapai 82.8%.

Full Text:

PDF

References


Nugrahani, R. Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan. 2007; 36(1), 35-44.

Kristiantarai, M. R. Analisis kesiapan guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif menyongsong kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2014; 3(2), 460 – 470.

Alawiyah, F. Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi. 2013; 4(1), 65-74.

Purnomo, Y. W. Pengembangan desain pembelajaran berbasis penilaian dalam pembelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 2015; 34(2), 182-191

Fatmawati, E., & Nurul Hidayati, S. I. T. I. Penerapan Modul Pengayaan Berstrategi PQ4R Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains. 2018; 6(02), 208-212

Supriyono, H., Saputra, A.N., Sudarmilah, E., and Darsono, R.: Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Hadis Untuk Perangkat Mobile Berbasis Android, Jurnal Informatika, Vol. 8, No. 2, pp. 907-920 (2014)

Kim, S.-J., Shin, H., Lee, J. E., Kang, S., & Bartlett, R.: A smartphone application to educate undergraduate nursing students about providing care for infant airway obstruction. Nurse Education Today, Vol. 48, pp. 145-152 2017)

Amirullah, G., Susilo: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android, Wacana Akademika, Vol. 2, No. 1, pp. 38-47 (2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.