Model Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Mobile Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Sekolah Dasar Pasca Pembelajaran di Kelas

Bahar Bahar

Abstract


Tidak tersedianya waktu yang memadai bagi guru sekolah dasar di Indonesia untuk menyampaikan materi pembelajaran di dalam ruang kelas menyebabkan pembelajaran menjadi tidak efektif. Penggunaan e-learning, e-module, dan teknologi pembelajaran interaktif Compact Disk untuk membantu siswa belajar secara mandiri di luar waktu belajar formal di kelas masih memiliki kelemahan. Penelitian ini mengusulkan model media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi mobile berbasis Smart Phone untuk membantu
guru menyampaikan materi pelajaran di luar waktu belajar formal. Model media pembelajaran ini berfungsi sebagai media untuk memperkaya materi pelajaran yang tidak tuntas disampaikan di ruang kelas. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian R&D (Research and Development) yang terdiri atas tiga tahapan utama, yaitu: analisis persyaratan sistem, pengembangan model sistem, dan evaluasi formatif untuk menguji efektivitas model sistem.

Hasil validasi expert (Desain model Media Pembelajaran) menunjukkan bahwa model media pembelajaran berbasis teknologi mobile yang dikembangkan sangat cocok untuk digunakan sebagai sumber belajar untuk pengayaan bahan ajar pasca pembelajaran di dalam ruang kelas, dengan persentase validasi rata-rata mencapai 82.8%.


Full Text:

PDF

References


Nugrahani, R. Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan. 2007; 36(1), 35­44.

Kristiantarai, M. R. Analisis kesiapan guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik integratif menyongsong kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2014; 3(2), 460 – 470.

Alawiyah, F. Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi. 2013; 4(1), 65­74.

Purnomo, Y. W. Pengembangan desain pembelajaran berbasis penilaian dalam pembelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 2015; 34(2), 182­191

Bahar, B., & Soegiarto, S. 2019. MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI MOBILE UNTUK PENGAYAAN BAHAN AJAR SISWA SEKOLAH DASAR PASCA PEMBELAJARAN DI KELAS. Soliter, 2, 68-77.

Fatmawati, E., & Nurul Hidayati, S. I. T. I. Penerapan Modul Pengayaan Berstrategi PQ4R Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains. 2018; 6(02), 208­212


Refbacks

  • There are currently no refbacks.